Pernahkah kita melihat roda pesawat terbang? Saya pernah, cuma saya selama ini tidak begitu memperhatikan ukurannya. Setelah saya iseng-iseng kaskus-ing, saya baca sebuah thread yang berisi tentang "Mengapa Roda Pesawat Terbang Itu Kecil?". Saya tertarik untuk membacanya, dan saya akan repost thread itu ke dalam blog saya. Disimak yaa : )
Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi..
Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.
Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil.
Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil.
konstruksi alur kompon ban pesawat sepertinya didesain untuk ngurangin friksi/gesekan, makanya kliatan simpel banget. kalo pake ban pacul ato superswamper, jalannya bisa gredeg-gredeg kali yah?
No comments:
Post a Comment