Pesawat akan mengeluarkan yang namanya spoiler.
Gunanya untuk mengurangi gaya angkat sehingga pesawat akan lebih cepat turun. Tapi untuk penerbangan normal, spoiler nggak dibuka full. Hanya dibuka-tutup sesekali saja sebelum fase pendaratan. Gambar diatas adalah saat dimana spoiler digunakan untuk pengereman setelah pesawat menyentuh tanah.
KEDUA,
Selanjutnya flap diturunkan. Flap adalah penampang bagian belakang pesawat yang fungsinya menaikkan gaya angkat dan mengurangi kecepatan.
KETIGA,
Begitu akan mendekati landasan, maka landing gear diturunkan.
Jadinya seperti ini:
Dari gambar diatas, jelas dengan menggunakan flap maka kecepatan pesawat akan berkurang tanpa kehilangan gaya angkatnya. landing gear yang diturunkan berkontribusi menambah drag yang memperlambat laju pesawat.
KEEMPAT,
Selanjutnya mulailah pesawat landing.
~ L A N D I N G ~
Di titik ini, disaat ban pesawat menyentuh ground. Spoiler terbuka full keatas.
Spoiler yang terbuka keatas ini akan membantu pengereman pesawat dengan cara menghalangi aliran udara. Begitu pula dengan flap.
KELIMA,
Bila kita perhatikan pada beberapa saat setelah ban pesawat menyentuh tanah, maka bagian tengah engine (mesin pesawat) ada bagian yang terbuka.
Atau di jenis pesawat lainnya ada yang membentuk payung seperti ini:
Nah bagian tersebut dinamakan THRUST REVERSER. Yakni sebuah alat yang fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.
Intinya adalah, aliran udara yang dihasilkan engine dibelokkan sedemikian rupa agar arahnya menjadi kedepan. Memang tidak murni 100% berbalik arah, tapi setidaknya resultan gaya yang dihasilkan sudah efektif untuk pengereman.
SUMBER : Kaskus - Proses Pengereman Pesawat
No comments:
Post a Comment